Goojje, Search Engine “adiknya Google” di China

Tuduhan Google terhadap China tentang serangan hacker semakin memanas. Setelah Google mengancam akan menarik diri di China, sekarang giliran China meluncurkan tandingan Google dengan nama Goojje.

Goojje memiliki akhiran “jje” yang kedengarannya seperti “jie jie” atau berarti perempuan, yang mencerminkan bagaimana suku kata terakhir Google suara seperti “ge ge” atau saudara. Goojje juga merupakan mesin pencari dan menawarkan beberapa jenis layanan jaringan sosial dan BBS.

Orang misterius di balik Goojje diduga seorang mahasiswi asal China. Sebelumnya dia pernah menuliskan kalimat pada halaman Goojje bahwa “Alasan saya membuat Goojje selain karena kakak saya (Google) akan meninggalkan kami, adalah untuk menyelesaikan mimpi yang harmonis. Saya berharap Goojje dapat membawa setiap potongan kebahagiaan kepada semua orang, harapan Goojje dapat menemani Anda melalui setiap kesepian musim … Saya berharap Goojje dapat membantu semua orang memahami berita internet.

Segera setelah peluncuran ini sang mahasiswi pembuat Goojje ini segera menghubungi netizens untuk mengembangkan platform ini secara opensource.

Saya mencoba mencari sesuatu di goojje.com dan ternyata hampir sama dengan google.com, hanya yang membedakan adalah bahasa china.

Ini dia screenshootnya…

Satu Tanggapan

  1. Info yang sangat menarik…
    Salam hangat dan salam kenal dari komunitas Mig33

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: